SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KEJAKSAAN NEGERI KETAPANG.   JIKA ANDA MENEMUKAN ADANYA PELANGGARAN TERHADAP PELAYANAN KAMI BERUPA PUNGLI SILAHKAN HUBUNGI KE 0812-5625-8001
Home / Berita / KASI INTELIJEN KEJARI KETAPANG MENGHADIRI RAPAT EVALUASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19

KASI INTELIJEN KEJARI KETAPANG MENGHADIRI RAPAT EVALUASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19

Pada hari Selasa, tanggal 15 Juni 2021 pukul 09.30 Wib di Pendopo Bupati Ketapang Jl. Agus Salim Kec. Delta Pawan Kab. Ketapang telah dialaksanakan Rapat Evaluasi Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Ketapang. Rapat dipimpin dan dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah kabupaten Ketapang Suherman, SH., MH. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Satgas Pencegahan dan Penanganan Corana Virus Kabupaten Ketapang dan dihadiri ± 30 orang tamu undangan.

I. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan antara lain :

1. Pj. Sekda Pemda Ketapang, Suherman SH, MH.
2. Ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M. Febriadi, S.Sos
3. Kapolres Ketapang,AKBP. Wuryantono.,S.I.K.,M.H
4. Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta.SH.M.Sc
5. Danlanal Ketapang,Letkol Laut Abdul Rajab Bodro M.Tr.Hanla
6. Asisten I Pemda Ketapang, Donatus Franseda, AP., MM.
7. Asisten II Pemda Ketapang, Drs. H. Marwannor, MM
8. Asisten III Pemda Ketapang, Drs. Heronimus Tanam, ME.
9. Kadis Kesehatan Ketapang, Rustami, S. Kes, M. Kes
10. Kasi intel Kajari Ketapang, Fajar Yulianto, SH.
11. Direktur Pam Obvit Polda Kalbar; KOMBES Widi Hadiatmoko
12. Direktur RSUD Agoesdjam Ketapang, Dr. Herman Basuki

II. Kata sambutan Sekertaris Daerah Bpk. Suherman SH., MH yang intinya menyampaikan antara lain :

1. Terkait instruksi Mendagri no 13 th 2021 agar melaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM ) Mikro.
2. Untuk masing masing bidang satgas agar secara berkala melakukan pertemuan dan hasilnya dibawa pada saat anev Satgas Covid.
3. Kabupaten Ketapang bukan kabupaten yang ditetapkan menjadi Kabupaten yang harus melaksanakan PPKM Mikro. Kab kota yang menjadi zona orange dan zona kuning dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka.
4. Kabupaten Ketapang merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan provinsi Kalteng, hendaknya satgas menganalisa apakah perlu dibentuk posko di perbatasan.

III. Penyampaian Kapolres Ketapang; AKBP Wuryantono, S.I.K., MH yang intinya menyampaikan :

1.Satuan tugas covid Kab ketapang sudah terbentuk yang terbagi menjadi 5 bidang tugas. Agar bersinergi dan memahami tgs masing masing sehingga masing masing satgas agar mempinyai rencana kegiatan masing masing. Tentunya hal ini harus didukung dengan data yang akurat.
2. Ketersediaan tempat tidur di faskes Kab. Ketapang masih aman, akan tetapi kita harus mempunyai skenario jika ketapang meningkat menjadi zona merah.
3. Apabila ada korban covid yang meninggal apabila ada penolakan dari keluarga korban untuk melaksanakan protokol kesehatan langkah kita pihak keluarga akan menandatangani surat pernyataan siap dilaksanakan trecking ini SOP yang sudah kita laksanakan dan sepakati bersama Dandim.

IV. Direktur Pam Obvit Polda Kalbar; KOMBES Widi Hadiatmoko :

1. Kehadiran kami disini atas perintah Bapak Kapolda, Bahwa kepolisian Kalbar harus hadir diseluruh kabupaten kota untuk mendukung upaya pencegahan Covid 19 yang sudah dilaksanakan.
2. Melihat perkembangan data Covid 19 di Kab Ketapang, ada lonjakan setelah Lebaran namun tidak terlalu tinggi
3. Kalbar masuk peringkat 26 dari 34 Provinsi, Kabupaten Ketapang peringkat ke lima dari seluruh Kalbar, artinya ada upaya yang berhasil dalam menekan penyebaran Covid 19. BOR di Ketapang masih diangka 34% masih dibawah Standar WHO 60%.
4. Di kab Ketapang paling banyak konfirmasi positif Covid-19 dari Kec. Delta Pawan, dari data ini hendaknya menjadi dasar tim menentukan langkah arah kerja. Agar dicari tau apa penyebabnya apakah karena cluster warung kopi atau apa.

V. Penyampaian Dandim 1203/Ketapang :

1. Masalah penetapan PPKM Mikro sesuai instruksi mendagri, dan juga instruksi gubernur kalbar agar seluruh Kabupaten kota melaksanakan PPKM Mikro.
2. Menindaklanjuti instruksi Mendagri agar mengoptimalkan posko PPKM Mikro.
3. Kami kesulitan dalam memperoleh data perkembangan Covid 19
4. Penegakan hukum dan disiplin kita tetap melaksanakan operasi yustisi namun dalam rentang waktu satu tahun ini mulai ada kejenuhan dari masyarakat terbukti dengan adanya penolakan dari masyarakat di beberapa tempat

VI. Penyampaian Danlanal Ketapang :

1. Kasus terbanyak terjadi di kecamatan Delta Pawan dan Kendawangan, untuk Kendawangan banyak datang kapal kapal dari luar dan karyawan PT WHW diketahui 72 orang positif Covid setelah pulang cuti, sehingga analisa kita Adanya indikasi penggunaan surat keterangan sehat yang tidak akurat
2. Agar dinas kesehatan memastikan benar ada tidaknya vaksin Covid yang sudah expired.

VII. Penyampaian Ketua DPRD Ketapang :

1. Kami di DPRD sangat mendukung rapat evaluasi ini dan apa yang menjadi program yang diperlukan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19.
2. Mengenai pelajaran tatap muka kita juga perlu mendengarkan keinginan para guru dalam proses belajar mengajar, namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat
3. Kami berharap Satgas menangani dengan serius. Bila perlu vaksinasi dilaksanakan di kantor DPRD.

VIII. Penyampaian Kadis Kesehatan Kab. Ketapang :

1. Perkembangan kasus komulatif kab. Ketapang tertanggal 20 Maret 2020 – 14 Juni 2021 sbb : terkonfirmasi 2.970, sembuh 2.824, meninggal 42, kasus aktif saat ini 104 orang.
2. Kasus positif Covid-19 saat ini ada 104 orang sedang dirawat di faskes BSM 3 orang, RSUD 9 orang dan isolasi mandiri 92 orang. Data harian tertinggi terjadi dibulan Mei.
3. Kasus konfirmasi terbanyak dari tahun 2020 – Juni 2021 berdasarkan pekerjaan yakni swasta atau karyawan perusahaan 1.148 orang
4. Vaksinasi sinovak diterima 4920 terpakai semua, astra zeneka diterima 79 dipakai 32 sisa 47, vaksin corona vac multi dose diterima 3210 dipakai 1924 sisa 1286

IX. Penyampaian Dir RSUD dr. Agoesdjam Ketapang; dr. Herman Basuki :

1. Data tempat tidur ruang isolasi covid-19 di RSUD Agoesdjam ada 29 terpakai 9. Ruang  ICU ada 2 tempat tidur
2. Th 2021 jmlah pasien 326 orang yang dirawat, meninggal sampai bulan April 38 orang

X. Penyampaian BPBD Ketapang, Bpk. Lauri :

1. Luas wilayah Kab. Ketapang 31.588 km, 20 Kecamatan, desa/kelurahan 262, dusun 793, RT 2.835.
2. Posko PPKM Mikro tingkat RT sudah melapor sebanyak 516 (18,2%) dan 2319 (81,8%) yang belum melapor.
3. Posko PPKM tingkat mikro belum berjalan maksimal karena berbagai faktor, yaitu belum maksimal koordinasi satgas Desa dan Satgas Kecamatan, belum adanya anggaran, belum menerapkan Prokes 5M dan 3T, dan belum maksimalnya pelaporan perkembangan Covid-19 dari tingkat desa Ke Kecamatan.

Kegiatan selesai pada pukul 11.40 Wib selama kegiatan berlangsung dengan aman tertib dan lancar.
Demikian dilaporkan.

About admin

Check Also

KAJARI KETAPANG MENGIKUTI UPACARA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN KE 76

Selasa, 17 Agustus 2021 Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *